Welldone Musthofa

Berbagi Tulisan, Review, Pengalaman, dan Opini

Menu Close

REVIEW BUKU PEMULIHAN JIWA 7 KARYA DEDY SUSANTO BESERTA SINOPSIS DAN KUTIPANNYA

Baca buku pemulihan jiwa 7 ini tuh alus pisan. Maksudnya bahasanya tuh lembut sekali. Sampai meresap ke pori-pori hati 😆

Sebelum masuk ke review buku pemulihan jiwa 7, mari kita baca terlebih dahulu sinopsis bukunya..

SINOPSIS BUKU PEMULIHAN JIWA 7

Kami yakin Anda sangat mampu melalui semua ini.
Coba jawab pertanyaan-pertanyaan penting berikut. Semoga dengan begitu Anda bisa ikhlas dan tenang menjalani hidup.

Menurut Anda, di dunia ini ada atau tidak orang yang punya masalah yang jauh lebih besar daripada Anda?

Biasanya orang menjawab, “Ya, tentu ada orang-orang yang memiliki masalah dan penderitaan yang jauh lebih besar daripada saya.”

Menurut Anda, banyak atau sedikit orang yang memiliki masalah yang jauh lebih besar itu?

Kebanyakan orang menjawab, “Sepertinya banyak.”

Menurut Anda, di antara orang-orang itu, ada tidak yang tetap bertahan, tetap ikhlas dan rela menjalani keadaannya, sambil terus berharap di kemudian hari ada pintu yang terbuka?

Semoga Anda menjawab, “Ada.”

Bila Anda menjawab “ada”, saya ingin bicara secara pribadi kepada Anda. Bila ada orang dengan kondisi yang jauh lebih terpuruk dibanding Anda, tapi dia tetap bertahan dan berjuang,

ANDA PASTI LEBIH DARI ITU! ANDA JUGA PASTI BISA!
Doa restu saya untuk Anda. Semoga hati Anda dipenuhi keikhlasan dan kedamaian untuk menerima kenyataan yang ada, sambil tetap berharap penuh kepada Tuhan serta berjuang.
I wish you all the best.

IDENTITAS BUKU

PEMULIHAN JIWA 7
Penulis : Dedy Susanto
Penerbit : Gramedia
ISBN : 978-602-03-2513-2
Ketebalan : 150 halaman
Ukuran : 15 X 21 cm
Sampul : Soft Cover

REVIEW BUKU PEMULIHAN JIWA 7

Perlu diingat, buku ini bukan buku tentang kesuksesan melainkan tentang pendewasaan. Bagaiman seharusnya kita bersikap kepada diri sendiri maupun ke orang lain. Banyak poin-poin yang menekankan bagaimana menghadapi kondisi internal dalam diri maupun eksternal. Inilah yang banyak dibahas di buku ini.

Format bukunya lebih banyak ke dialog diri sendiri. Semacam sugesti-sugesti yang akan membantu memulihkan jiwa kita yang mungkin gampang marah, gampang sakit hati, gampang putus asa, dll. Penulis disini menawarkan penawar-penawar dari hal tadi yang sangat aplikatif, salah satunya sugesti itu.

Ohya selain itu, banyak juga contoh-contoh kejadian atau kegiatan kecil yg dipaparkan di buku ini. Yang membuat buku ini semakin terasa dekat dengan pembacanya 😍

Tapi jujur, saya suka banget dengan diksi-diksi yang dipilih penulis di buku ini. Tak menggurui dan tak menyakiti hati pembacanya. Berasa tenang dan relax pas bacanya. Emang keren deh efeknya pas baca buku ini 😆👍

Jadi buat kamu yang ingin mendewasakan pemikiran dan sikap kamu dalam menghadapi kehidupan, sangat sangat direkomendasikan untuk membaca buku ini. Karena, buku ini tuh bagus bangetttt 😄😆😍

cuplikan isi buku PEMULIHAN JIWA 7

HIDUPLAH SEIMBANG

Dalam hidup, kita harus mengerti keseimbangan. Ketika mendengar kata seimbang, di benak kita mungkin langsung muncul antara bekerja dan bermain, antara berjuang dan beristirahat. Bukan seimbang dalam hal itu yang saya bahas di bab ini. Keseimbangan yang saya maksud adalah kita mau menerima kenyataan bahwa dalam hidup ini ada sedih, ada bahagia. Ketika mengalami kesedihan, itu bukan berarti Tuhan sedang jahat, hidup sedang membenci kita. Sama sekali tidak. Kesedihan dan kebahagiaan yang silih berganti adalah skenario keseimbangan.

Ada suasana nyaman, ada suasana tidak nyaman. Ada kebaikan, ada ketidakbaikan. Ada terang, ada gelap, dan lain sebagainya. Mindset yang menganggap masalah dan keburukan sebagai keseimbangan tidak akan menyakiti kita. Orang yang tidak mengetahui konsep keseimbangan itu akan menganggap rasa sedih adalah bencana. Itu hal yang besar sekali, yang membuat dia tidak merasa beruntung dalam hidup ini. Orang yang mengerti pola keseimbangan akan sangat rela menerima kenyataan-kenyataan yang mungkin sangat tidak nyaman bagi dirinya.

Saya pernah menanyakan “prinsip kerja imunisasi” kepada seorang dokter anak. Dia menjelaskan satu hal yang unik dan mencolok sehingga saya selalu mengingatnya.

“Ada imunisasi jenis tertentu yang memang sengaja menyuntikkan bakteri tertentu ke dalam tubuh anak balita agar sejak dini sistem kekebalan tubuhnya sudah mengenali zat tertentu. Tubuh bisa langsung menciptakan skema pertahanan terhadap hal itu. Ketika bakteri itu menyerang tubuhnya, sistem pertahanan sudah mengenali, sudah mengetahui, dan sudah tahu bentuk antibodi seperti apa yang harus dipersiapkan untuk mengatasi hal tersebut.”

Waktu itu saya berpikir, “Lucu juga, kok malah disuntikkan penyakit, malah dikasih penyakit, agar bisa mengatasinya.”

Jangan-jangan kalau hari ini Anda mengalami masalah yang sangat tidak enak, Tuhan sedang mempersiapkan Anda agar mampu menghadapi hal yang sama. Itu luar biasa sekali. Kadang Tuhan ingin menunjukkan sesuatu yang sangat besar, kebijaksanaan hidup yang sangat besar. Namun, karena tidak memberi kesempatan pada jiwa kita untuk hening dan melihat apa yang ingin ditunjukkan, kita sering kali terlewatkan untuk mendapatkan kekuatan-kekuatan pengetahuan seperti ini.

Orang yang mengerti konsep ini tidak menganggap dunia berakhir atau hidupnya sial ketika mengalami masalah. Dia paham bahwa tidak ada keburukan. Semua diizinkan karena ada tujuan yang luar biasa, meskipun pikiran saat itu belum bisa mencerna, “Tujuan baik apa yang bisa saya dapatkan dari masalah seperti ini?” Rasanya sama sekali tidak enak. Semua terasa buntu.

Oke, kalau kita belum bisa mencerna, “Apa sih, yang bisa kita dapatkan dari masalah ini? Sepertinya buruk semua, tidak ada yang positif.” Kalau belum mengerti, kita sebaiknya memilih tidak mengeluh. Suatu saat nanti kita akan paham, “Oh iya ya, masalah dua tahun lalu itu tujuannya ini, toh.” Kita dihindarkan dari masalah yang lebih besar atau Tuhan mengajarkan sesuatu, mempersiapkan kita agar sanggup menghadapi sesuatu yang lain pada masa depan.

(Halaman 35-37)

KUTIPAN BUKU PEMULIHAN JIWA 7

kutipan buku pemulihan jiwa 7

“Apa yang kaurasakan tentang dirimu sangat menentukan apa yang akan kaucapai dalam hidupmu.”

– Dedy Susanto, Pemulihan Jiwa 7

kutipan buku pemulihan jiwa 7 (2)

 

“Kita ini kan, insan modern. Jangan lagi tersinggung dengan hal-hal yang primitif. Yang saya maksud dengan hal primitif adalah mudah marah untuk hal-hal yang sebenarnya dapat diatasi dengan ilmu maklum. Dengan demikian, hidup kita lebih bebas. Tak terpenjara pikiran-pikiran yang tidak penting.”

– Dedy Susanto, Pemulihan Jiwa 7


Sekian review buku pemulihan jiwa 7 beserta sinopsis dan kutipannya. Semoga bermanfaat! Jangan lupa tinggalkan komentar kalau kamu sudah baca atau tertarik dengan buku ini. Dan kalau ada pertanyaan juga bisa komentar di bawah. Terimakasih sudah berkunjung di blog welldonemusthofa.com !

© 2019 Welldone Musthofa. All rights reserved.

Theme by Anders Norén.