5 cara membuat review yang baik

5 Cara Membuat Review Buku Yang Baik dan Benar

Tahukah anda kegiatan membuat review buku di luar negeri sudah menjadi tren? Membuat review buku di Indonesia juga mulai menggeliat dengan adanya sosial media instagram. Coba saja lihat hashtag #reviewbuku sudah mencapai 37.476 akan selalu bertambah (dicek 28 oktober 2019). Artinya sudah mulai banyak reviewer buku di indonesia ini. Sebenarnya, tidak ada aturan yang baku mengenai kegiatan membuat review buku. Mengingat, tujuan membuat review buku itu sendiri adalah memberitahukan kepada pembaca mengapa pembaca harus membaca buku itu atau sekedar penilaian para reviewer setelah membaca buku. Ya, intinya sih tujuan mereview buku adalah agar pembaca tahu secara garis besar apa isi buku yang direview oleh reviewer buku tersebut. Walaupun begitu, ada baiknya mulai sekarang diperbaiki lagi  penulisan review bukunya agar pembaca lebih mengerti dengan review buku kita dan juga agar pembaca semakin tertarik dan mantap untuk membeli buku tersebut. Ohya, untuk kalian yang belum mengetahui pengertian review buku bisa klik disini . Jadi, sudah siap untuk mengetahui cara membuat review buku yang lengkap ?

5 CARA MENULIS REVIEW BUKU YANG BAIK DAN BENAR

Cara membuat review buku yang akan dipaparkan disini diambil dari berbagai sumber yang sengaja saya rangkum . Menurut saya, beberapa cara dalam mereview buku ini sangat jelas dan ringkas, tidak berbelit-belit dan langsung masuk ke dalam poin penting dalam mereview buku. Mengapa review buku itu begitu penting? Karena terkadang pembaca lain akan tertarik membeli buku ketika membaca review buku bagus yang telah kamu buat, kamu juga pasti pernah merasakannya, ya kan? Apalagi kalau dalam review itu, kamu memberikan penjelasan yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan pembaca, sudah bisa dipastikan buku itu akan langsung dibeli oleh pembaca review kamu itu. Maka dari itu, review buku sangat membantu sekali orang yang sedang kebingungan memilih buku yang bagus. Insyaallah kalau review bermanfaat, kamu akan kebagian pahala dari review buku itu. Percayalah 🙂 Nah, kalau misalkan kamu merasa stuck atau mandeg di tengah jalan ketika mereview buku. Poin-poin ini akan sangat membantumu dalam membuat review. Ibaratnya semacam panduan praktis yang bisa kamu buka kapan saja. Baiklah, langsung saja kita masuk ke pembahasan 5 hal apa saja yang harus dilakukan ketika mereview buku

1. Awali dengan identitas buku dan gambaran cerita secara singkat dalam membuat review buku

Awali review buku kita dengan identitas yang terdapat dalam buku tersebut. Kalian bisa memberikan informasi buku yang paling standar seperti penulis, penerbit, jumlah halaman, tanggal terbit, nomor isbn, harga buku, genre, beli dimana, profil penulis, atau bisa juga ditambahkan kutipan yang menarik di pembukaan. Setelah itu berikan juga sinopsis yang tertulis di sampul belakang buku. Kalian bisa menyalin dari goodreads atau langsung melihat sinopsisnya di buku terbut. Setelah itu barulah memberikan gambaran singkat tentang isi buku tersebut. Satu hal yang harus diingat, jangan pernah memberikan spoiler apalagi tentang plot twist yang terdapat dalam buku itu. Karena hal ini akan mengurangi ketertarikan pembaca untuk membaca buku itu. Misalkan saja langsung memberikan siapa yang akan mati di dalam buku itu? Atau bagaimana akhir ceritanya.

2. Beritahukan apa yang paling kamu suka dari buku itu dan jawab beberapa pertanyaan berikut

Fokuslah pada apa saja yang kamu rasakan dan apa yang kamu suka ketika membaca buku itu. Apakah tokohnya, penulisnya, suasananya, atau endingnya? Bagaimana penulis bercerita di dalam buku itu,  Apakah menyenangkan, membawamu ke dunia antah berantah, atau membuatmu seperti terbang, atau kamu merasa seperti di dunia dalam buku itu? Tuliskanlah.. Ada beberapa pertanyaan yang dapat membantumu dalam mereview buku.

  1. Di bagian/halaman mana kamu merasa itu adalah yang paling favorit, kenapa?
  2. Siapa tokoh yang paling kamu suka di buku itu dan kenapa?
  3. Adakah pesan moral yang ingin disampaikan penulis dalam buku itu?
  4. Setelah membaca itu kira-kira akan mencari judul lain dari penulis itu?
  5. Apakah harga dalam buku itu sesuai dengan apa yang kamu rasakan setelah membacanya?

3. Gambarkan tentang gaya kepenulisan, setting, kejadian, dan alur yang terdapat dalam buku itu

Dalam membaca buku cobalah untuk menggambarkan bagaiman teknik yang digunakan penulis dalam menuliskan cerita di dalam buku, apakah itu cepat atau lambat atau bahkan menyenangkan? Ide cerita yang ditampilkan dalam buku itu juga dapat kamu bahas, misalnya ide ceritanya ternyata sangat-sangat baru dan belum pernah kamu baca sebelumnya atau bisa jadi ada kemiripan dengan cerita di buku lain.

Selanjutnya, cobalah jelajahi tentang setting yang terdapat dalam buku itu. Apakah ketika membaca itu kamu bisa membayangkan seolah-olah kamu berada di tempat itu atau penggambarannya kurang dapet? lalu dari setting itu apakah ada hubungannya dengan keseluruhan cerita? dan yang terakhir cobalah rasakan ketika penulis menggambarkan tokoh dalam buku itu. Apakah seperti nyata ada di hadapanmu atau bagaimana?

Selain itu, dari kejadian-kejadian yang ditampilkan dalam cerita itu apakah dijelaskan secara lompat-lompat atau linear? maksudnya, apakah dari awal sampai akhir diceritakan waktunya terus maju atau ada kalanya banyak flashback. Dan bagaimana pendapatmu tentang twist yang kamu temui dalam buku itu, apakah mudah ditebak atau justru kamu merasa puas dengan ending yang ada dalam buku itu? Cobalah berpendapat tentang ending cerita itu, apakah seru, datar, atau menyenangkan? tapi jangan gambarkan secara rinci bagaimana endingnya, karena itu termasuk spoiler dan itu sangat tidak disukai pembaca.

Nah, yang terakhir, bagaimana pendapatmu tentang alur dalam cerita di buku itu. Deskripsikan apakah menggunakan alur maju atau mundur? Lalu bagaimana alurnya, masuk akal atau justru membuatmu pusing kepala? hahaha. Lalu ceritakan apakah ada twist dalam buku itu atau tidak ada sama sekali. Dan dari awal sampai akhir kamu membaca buku tersebut, apakah kamu dapat menemukan benang merah dari segala kejadian yang ada?

4. Simpulkan dalam beberapa kalimat dan boleh diberi bintang yang pantas untuk buku itu

Berikanlah kesimpulan dari apa yang kamu bicarakan di atas itu dalam beberapa kalimat saja. Apakah buku ini termasuk buku yang layak dibaca atau tidak. Berikanlah penilaian jujur dari kamu beserta alasannya. Dan untuk membantu pembaca memutuskan apakah akan membeli atau tidak, berikanlah berapa bintang dari 5 atau 10 yang patut diberi untuk buku itu.

5. Rekomendasikan buku ini untuk siapa

Dari keseluruhan isi yang sudah kamu, kira-kira buku yang kamu review itu cocoknya untuk siapa? Apakah untuk orang tuamu, sahabatmu, remaja, dewasa, penggemar dari film atau buku, atau bahkan kamu tidak merekomendasikan buku itu. Kemukakanlah pendapatmu mengapa kamu merekomendasikan atau tidak merekomendasikan.

Semua elemen dalam membuat review buku yang dipaparkan di atas dapat disimpulkan dalam gambar berikut, kamu juga boleh menyimpannya 🙂

CARA MEMBUAT REVIEW BUKU
CARA MEMBUAT REVIEW BUKU

Wah ternyata banyak juga elemen-elemen yang harus diperhatikan dalam menulis review buku yang baik dan benar. Semoga bermanfaat ya dan bisa diterapkan. Untuk yang baru memulai menulis review buku di blognya, jangan terbebani dengan 5 elemen ini ya.hehe Ceritakan saja apa yang kamu ketahui tentang buku yang ingin kamu review apa adanya. Nanti lambat laun juga kamu akan terbiasa dan mudah-mudahan bisa menjadi reviewer buku di media massa dan bermanfaat bagi sesama. Amin.

2 thoughts to “5 Cara Membuat Review Buku Yang Baik dan Benar”

  1. Wah, sangat bermanfaat. ^^ Untuk pemula, memang nggak perlu terbebani dengan poin-poin di atas, ya, yang penting menulis apa saja yang dirasakan saat membaca buku tersebut.

    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat 😄 iya memang untuk pemula yang penting nulis aja dulu, nanti lama kelamaan kalau udah terbiasa akan enak nulis reviewnya 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *