resensi novel komet minor ceros batozar

Resensi Novel Komet Minor – Komet – Ceros dan Batozar

RESENSI NOVEL KOMET MINOR – KOMET – CEROS DAN BATOZAR
“Ketika Sebuah Persahabatan Sejati Diuji Dalam Petualangan Fantasi Yang Seru”

Apa arti sahabat sejati menurutmu? Pertanyaan ini akan selalu melekat kuat ketika membaca ketiga novel serial bumi yang berjudul ceros batozar, komet, dan komet minor. Dibandingkan dengan serial sebelumnya, porsi persahabatan akan mencapai dosis tertingginya di novel-novel ini. Ujian kehilangan, kesetiaan dan keegoisan akan Raib, Ali, dan Seli lalui dengan kebersamaan yang menguatkan. Meskipun banyak petualangan berliku yang membuat pembaca terkagum-kagum namun tetap pembaca akan lebih merasakan efek kekaguman luar biasa dari persahabatan mereka bertiga.

Dimulai dari novel spin off serial bumi yang berjudul ceros dan batozar. Novel ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian ceros dan bagian batozar. Di bagian ceros Raib, Ali dan Seli sedang melakukan tugas kunjungan di tempat bersejarah di luar kota. Tak disangka, di tempat itu alat pendeteksi milik Ali mendeteksi aktivitas dunia paralel. Sudah tabiat Ali yang selalu penasaran dan tak menggubris perkataan kedua sahabatnya, diikutilah sinyal pendeteksi itu. Dan ternyata di tempat bersejarah itu ada sebuah portal menuju Bor-O-Bdur yang dihuni oleh Ceros, badak bercula yang terdapat di cover novelnya. Selanjutnya ada bagian batozar yang bercerita tentang pembunuh kejam yang menjadi buronan setelah 1000 tahun dipenjara di dunia paralel. Pembunuh bernama Batozar ini berkeliaran di lingkungan tempat tinggal Raib, Ali dan Seli. Dia mencari sesuatu yang hilang dari dirinya. Kekuatannya maha dahsyat dan membuat heboh dunia paralel.

Beberapa hari setelah mereka bertiga berpetualang di Bor-O-Bdur dan saling kejar-mengejar bersama Batozar, Miss Selena mengabarkan bahwa Si Tanpa Mahkota berkeliaran di Klan Matahari dan ingin memasuki Klan Komet. Apa tujuannya? Si Tanpa Mahkota memiliki ambisi untuk menguasai seluruh dunia paralel. Petualanganpun dimulai dengan dunia Klan Komet yang berbentuk pulau. Pembaca akan diperkenalkan dengan pulau yang dinamakan sama dengan nama hari yakni Pulau Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Di setiap pulau menyimpan teka-teki yang harus mereka pecahkan. Di Klan Komet inilah portal menuju Klan Komet Minor berada.

Dibandingkan Klan lainnya, portal menuju Klan Komet Minor adalah yang paling unik. Dimanakah itu? Di perut ikan paus raksasa yang ada di cover novel ini ! Keberadaan komet minor ini juga paling berbeda, sifatnya berpindah-pindah. Buku matematika Raib yang biasanya menjadi portal menuju klan lainnya tidak akan berfungsi di Klan Komet ini. Petualangan di Klan Komet Minor ini masih seputar mengejar Si Tanpa Mahkota dan mencegahnya mendapatkan Tombak Pusaka. Tombak ini terpisah menjadi 3 bagian yang jika disatukan akan memberikan kekuatan maha dahsyat kepada pemegangnya. 3 bagian ini terdapat di 3 para pemburu Klan Komet Minor yang terpisah di beberapa tempat. Lalu apa yang akan terjadi di penutup serial bumi ini? Jawabannya, silakan membaca novel ini.

Di ketiga novel ini, selalu saja ada nilai-nilai kebaikan yang hadir. Dari mulai ketulusan hati, pengorbanan, ambisi, memaafkan, keluarga, dan yang pasti nilai persahabatan yang sangat mendominasi. Ada banyak adegan di novel ini yang akan menguras emosi pembaca terutama di novel Komet. Petualangan yang paling melelahkan tanpa adanya bimbingan. Kekuatan persahabatan sejati antara Raib, Ali dan Seli akan menjadi modal terbesar mereka mengarungi petualangan di Klan “pulau” ini. Air mata sesekali menetes melihat kekuatan persahabatan mereka.

Setting tempat yang hadir di ketiga novel ini juga berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ceros dan Batozar memiliki setting yang tidak jauh berbeda dengan serial bumi sebelumnya. Komet memiliki setting di Pulau dan Lautan. Dan Komet Minorlah yang memiliki setting tempat yang tidak terpikirkan sebelumnya. Dunia yang dihadirkan di Klan ini adalah yang paling maju dibandingkan dengan Klan lainnya. Mata uangnya sudah digital, bentuk rumahnya ada yang kotak, segitiga, piramida, bahkan berbentuk setengah lingkaran. Tetapi di Komet Minor ini masih terdapat hutan yang dihuni oleh makhluk-makhluk berukuran raksasa. Salah satunya adalah cacing raksasa dan kadal yang terlihat pula di cover novel ini.

Konsep cerita di ketiga novel ini juga memiliki ciri khas masing-masing yang tidak akan membuat bosan pembacanya. Ada saja hal-hal baru yang hadir di setiap novelnya. Ceros Batozar memiliki konsep dunia di bawah tanah. Komet memiliki konsep pulau nama-nama hari yang memiliki rintangan berbeda-beda. Dan Komet Minor memiliki konsep yang makhluk mikroskopis dengan teknologi yang lebih maju dari Klan Bumi.

Budaya-budaya khas indonesia, kelakuan kids jaman now , dan istilah kekinian juga hadir di ketiga novel ini. Misalnya saja nasi padang yang menjadi favorit batozar, sopir angkot, video viral, berita hoax, drama korea favorit Seli, kurang update, bahkan kata “asian games” juga hadir di novel ini. Jadi, pembaca akan merasakan sekali keterikatannya dengan novel ini.

Kalau begitu, novel ini akan cocok dibaca oleh siapa saja? Remaja SMP, SMA dan Mahasiswa sangat direkomendasikan untuk membaca ketiga novel ini. Terutama bagi yang sudah mengikuti serial bumi dari awal. Nilai-nilai persahabatan sejati akan pembaca rasakan ketika sudah menyelami lautan kata yang menghanyutkan ini.

“Ali, selalu dengarkan Seli dan Raib. Jadilah petualang antarklan yang baik. Selalu percaya pada teman-temanmu.” (Komet Minor, Hal. 359)

Identitas buku

Judul : Ceros Dan Batozar
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : IV, Juli 2018
Dimensi : 20 cm, 376 Halaman
Harga : Rp 95.000
ISBN : 978-602-038-591-4

Judul : Komet
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : IV, Juli 2018
Dimensi : 20 cm, 384 Halaman
Harga : Rp 95.000
ISBN : 978-602-038-593-8

Judul : Komet Minor
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : I, 2019
Dimensi : 20 cm, 376 Halaman
Harga : Rp 105.000
ISBN : 978-602-062-339-9

– Resensi Novel Komet Minor, Komet, Ceros dan Batozar –

104 thoughts to “Resensi Novel Komet Minor – Komet – Ceros dan Batozar”

  1. Resensi ini menyarankan ku segera menamatkan serial fantasi karya bang Tere ini. Semangat akuπŸ’ͺ

  2. Ok.
    Dari padanya aku terbawa dalam imaginasi petualangan yang seru dalam bingkai persahabatan dan Untuk sebuah persahabatan yang perlu adanya keterikatan kuat, buku ini perlu sebagai asupan baca ku.

    1. Alhamdulillah 😁 Total seluruh serinya ada 7. Urutannya : bumi, bulan, matahari, bintang, ceros batozar, komet, komet minor. Berapa yang udah dibaca bang ikko? πŸ˜„

  3. Apakah buku ini hanya meninggalkan pesan cinta persahabatan ?
    Yg saya harap buku2 ini nantinya dapat berlanjut bukan hanya pada masa SMA sja tetapi petualangan mereka akan berlanjut smpai salah satu dari mereka pergi . (Meninggal)
    Seperti cerita ily yg mereka kenang dengan cara mereka sendiri . Kepintaraan clan bumi yg menguasai teknologi sperti ali membuat alat yg membuat mereka selalu mengingat ily , seakan ily itu tak perna pergi dan selalu bersama mengikuti jejak petualangan mereka .

    1. Di akhir novel komet minor diberitahu bahwa akan ada spin off tentang orang tua Raib dan kucingnya Si Putih. Selain itu, nanti akan ada serial terbaru bertajuk Proxima Centauri tapi bukan Raib dan kawan-kawannya yang akan menjadi tokoh utamanya.

  4. Hallooo kak Wildan..
    saya Mutiaindahns, si pengunjung setia instagram kakak πŸ˜πŸ™

    Sebelum ngasih komentar mau ngucapin ‘SELAMAT’ dulu.. udah berhasil menyelesaikan resensinya.

    “SELAMAT” πŸ‘

    Ok memasuki ‘Dunia Pengomentaran’:

    Untuk saya yg belum menyentuh novel ini jujur merasa terbantu saat melihat isi cerita yg kakak sampaikan.

    “ohh tentang itu toh..” gitu.

    Membaca resensi novel ini saja, saya udah dapat banyak hikmah. Kebayang kalo membaca novelnya langsung, pasti bakal kebanjiran hikmah πŸ˜„πŸ’•

    Hanya saja, saya mesti buka google lagi. Mencari informasi terkait hal teknis lainnya seperti,
    -Tahun terbit
    -Ketebalan buku
    -Harga
    -Kelebihan dan Kekurangan buku (Cover, gaya bahasa, sistematis bab, penokohan, dll)

    Akan lebih sempurna jika memuat nama Penulis dan Penerbit, meskipun mungkin dunia sudah tahu siapa yg menuliskan dan menerbitkan novel novel ini 😁.
    Hitung hitung.. apresiasi gitu..

    Dan saya akan sangat.. sangat.. sangat.. senang jika diberi kesempatan untuk berkenalan dengan sosok Ali, Seli, dan Raib. ‘3 Sekawan’ yg sudah memberi saya banyak hikmah pada resensi novel ini.

    Gimana sih karakter ketiga tokoh utama itu??

    1. Yeay, terimakasih banyak sudah menjadi pengunjung setia dan juga sarannya yang sangat berguna πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ Singkatnya karakter mereka bertiga begini. Ali : cerdas tapi ngeselin dan gak terlalu peduli dengan penampilan. Seli : suka bertanya & mudah cemas akan sesuatu. Raib : terorganisir dan tidak mudah menyerah.

  5. Sukaaa kalo resensi? Reviewnya ginii, kaya apa ya enak aja bacanya sopan wkwk biasanya kan orang kalo review pakai bahasa sendiri kurang enak bacanya.. Intinya formal gitulah, panjang lagi.. Aku yang pribadi belom baca serial bumi jadi tertarik buat loncat ke 3 buku ini loh:) Terimakasih racunnya πŸ™‚

    1. Yeay, thank you… kalo resensi saya masih belajar kak πŸ˜… lebih seringnya bikin review di instagram.hehe

  6. Resensinya keren. πŸ‘πŸ‘ Pertanyaan paling simpel dan gak penting tp bikin aku penasaran banget, akhirnya si Ali dan Raib jadian gak?? πŸ˜†

    1. Yeay, alhamdulillah thank youuu… hmmm jadian gak ya? Ada sih adegan yang Raib keceplosan ngomong kalo Ali itu tampan.wkwkwk

  7. Seri buku yg buat sy jatuh cinta membaca. Selalu senang diajak menjelajah Raib, Ali, dan Seli. Mengajakku berfantasi gila dan luar biasa. Sehingga sy terbayang2 di kepala setelah membacanya.
    Ps. Sy Blm baca komet minor hehe

    1. Nah kannnn πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† setuju banget fantasinya bener2 luar biasa πŸ˜„πŸ‘

  8. Udah dari dulu pengen baca serial buku ini. Kebetulan liat resensi ini jadi memantapkan hati untuk segera membaca buku-bukunya. Apakah sudah terlambat jika saya ingin memulai membaca seri pertamanya? T_T

    1. Yeayyyy langsung serbu gramedia terdekat kak πŸ˜‚πŸ‘ tidak terlambat kok, masih bisa banget mulai dari serial pertamanya , dijamin jatuh cinta sama karakternya 😍 hehe

  9. Wahh udah dari dulu tertarik pengen baca serial buku ini! Tapi belum sempet karena banyak kesibukan. Rencana setelah aku baca resensi mau mulai baca lagi. Semangat!

  10. Wah udah baca . Aku belum baca. Baru baca yang bumi, bulan sebagian wkwk ketinggalan banget, sad ending apa happy ending nih ceritanya? Ha kayak film aja yaπŸ˜‚πŸ˜

    1. Ayo ayo dibaca kak sampe komet minor πŸ˜‚πŸ‘

      hmmmm… kasih tau gak ya? πŸ€”πŸ˜‚

  11. Pas ke Gramedia waktu lalu. Aku melihat novel ini juga. Tapi aku nggak mampir bawa pulang. Tapi baca review ini saya jadi yakin buat bawa pulang. Eh tapi ternyata TBRku banyak πŸ˜‚ wish list dulu deh ya kak.

    1. Yaaahhh kenapa gak langsung comot aja itu pas di gramed πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ okesiap, ditunggu reviewnya kak hanat klo udh baca πŸ˜πŸ‘

  12. Wow..resensi bagus ka.bahasa nya mudah di mengerti selain itu membuat kita tertarik dan seakan akan terbawa fantasy dalam buku nya.di tambah penjelasan rinci dari buku nya mantap ka..
    Sukses ya ka

    1. Alhamdulillah.. makasih ya kak, aamiinn sukses juga buat kamu πŸ˜‰πŸ‘

  13. Dari resensi yang kk buat, aku semakin penasaran dengan komet minor, soalnya belum baca yang komet minor, tapi sekarang malah makin penasaran dengan spin off nya.
    Kira-kira kapan spin off nya keluar kk?
    Apakah akan sama seperti spin off , miss selena, ceros n batozar yang dirilis di Fb tereliye?
    Apakah kakak selalu penasaran dengan kelanjutan serialnya dan menjadi orang yang tak sabar menunggu kapan keluar serial atau spin off nya?

    Hehehe maaf banyak nanyak kk,
    Soalnya aku orang yang habis baca semalam, baca ketika cetakan pertama, dan harus menunggu selama setahun untuk baca kelanjutannya
    Ig: @melyarahmii

  14. Aaaaaa ingin jugaa tau endingnya bakal gimana. Apakah ini beneran novel yang terakhir dari serial bumi atau masih akan ada petualangan2 lain di novel selanjutnyaa?
    Hmm… btw thanks kak resensinyaa keren πŸ‘emang serial bumi tuh keren bangeet, bisa buat aku berimajinasi tinggi.

    @astiah87

    1. Harus baca donkkkk biar tau endingnya πŸ˜‰πŸ˜‚πŸ˜‚ nanti ada spin offnya kak 😁 sama2 kak, terimakasih jg sudah mampir ke blog ini…

  15. Baru baca resensi sudah terbawa imaginasi
    Apakah novel ini akan mendebarkan dan mengajak kita para pembaca untuk ikut berpetualang?

    Semoga sukses selalu ka
    Terimakasih untuk resensinya 😊
    @siskaw.nt

    1. Oh pastinya akan membuatmu berada di negeri fantasi penuh petualangan πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Aamiinn, sukses jg buat kamu dan makasih juga sudah mampir 😊

  16. Aku ga pernah baca semuanya kak, tepi beranda IG selalu bersliweran Reviewnya jujur aja aku ngiler dan pengen beli tapi apa boleh kebutuhan selalu ku utamakan dari pada buku 😭, Review kaka tentang Ketiga buku itu keren banget aku jadi makin pengen, pengen, dan pengen beli secepatnya hwaa 😭

    1. Waaahh semoga ada rejeki buat koleksi bukunya ya 😊😊😊 terimakasih sudah mampir di blog ini..

  17. Udah ah no comment buat resensi ini 😭 aku malah pengen segera baca komet minorrr… Tapi pengen bukunya dari ka welldone.. Wkwk
    Kangen Raib, Seli, Ali 😭 Ali ku Ali ku…. Aku rinduuuuuuu……. Plis kak banyakin resensi buku2 fantasi ya 😁😁 lebih buanyakk lagi.. Wkwk

    1. Hmmm.. boleh juga kodenya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ okesiap ditunggu postingan2 di blog ini ya πŸ˜‰

  18. Mereka bertiga punya kekuatan ga kak? Apa sih tujuan mereka melakukan petualangan? apa karena ada misi?, apa novel ini mirip novel Supernova kak?

    1. Iya punya kekuatan kak.. tujuannya adalah menghentikan Si Tanpa Mahkota yang ingin menguasai dunia paralel.. Supernova belum baca jadi blm bs bandingin 😁

  19. Wah ternyata kak wildan berhasil menyelesaikan tugasnya ini πŸ˜„. Nah kak saya datang berkunjung ke web kakak sebenarnya karena pengen join Giveawaynya, Bismillahirrahmanirrahim dapet πŸ˜„. Kebetulan dari semenjak kabar nih buku mau terbit udah kepengen gitu. Eh sampe sekarang blom kebeli juga. Berharap sih dapet dari kakak wildan ini. Semoga kakak berkenan. saya bener2 menikmati hasil kerja kakak ini loh. Memang sih niatnya pengen dapetin novelnya dan bisa aja saya skip bacaan panjang itu dan langsung komen, bilang bagus lah, kan kakak gatau, kakak juga gk nyuruh baca. Tapi saya tetep baca loh dari awal sampe habis dan malah penasaran banget saya jadinyaaa. Siapa ya yang bakal menang antara 3 sahabat ketje dan si tanpa mahkota. Btw ya kak ILY gk ikut petualangan di komet minor ya? Yah pokoknya aku sih optimis Ali menang tapi… Eh gaboleh ragu deh. Ali pasti menang. Nah kak aku Nemu typo loh hihi. Sempet bingung tapi untung aku dah baca novelnya kecuali komet minor jadi gak keganggu sih. Habis nulis ini aku langsung DM kakak. Nah kita jadi impas nih. Aku baca tulisan kakak yang panjang tapi keren dan bikin penasaran abis jadi pengen bongkar celengan dan buru-buru ke toko buku, nah kalo kakak baca komen aku ini yang panjang sangat hehe. Segitu aja sih kak. Dan selamat ya kak wildan lagi2 berhasil membuat saya penasaran dengan tulisan kakak ini. Nah da-ah kak. Have a nice dream. Teruslah berkarya. Ditunggu novel ciptaannya. Fighting!

    1. hahaha.. terimakasih banyak atas komennya yang panjang sekali πŸ˜‚πŸ‘ ILY gk ikut karena di dunia komet minor teknologinya berbeda 😁

  20. Dari ke 3 novel ini bagus jg lho kak resensinya… Jd pingin memiliki ke 3 novel ini kak…..

  21. Resensi Ka Musthofa

    Arti Sahabat sejati yang begitu manis dan magis😊.

    Kataku, Resensi Kakak membuat aku terbayang akan cerita Magis dari Trio Sahabat, Raib, Ali ,dan Seli.

    Bercerita tentang Indonesia? Wow banget yah!

    Sebenernya sih aku belum berkesempatan beli buku Tere Liye..

    Kalo karya Kak Tere Liye yang udah Kak Musthofa baca ceritanya lebih nyentrik kemana Fiksi Magis atau lebih ke cerita Real Life?

    Seru banget deh Kak! Dari Resensi Kakak aja udah bikin aku loncat loncat pingin dapet Novelnya karna saking serunya jadi tau deh sepenggal ceritanya..

    Moga sepenggal cerita ini bisa membuat yang belum punya buku series nya bisa bermanfaat untuk tahu karya tulisan Tere Liye, Aamiin..

    selain itu, untuk Kakak Musthofa semoga review dan resensi kakak kedepannya bisa lebih banyak pembacanya dan moga sukses!

    By : Azkia
    @Nurminawati4102 Ummu Azkia

    1. Aamiin.. terimakasih atas doanya ya 😊 Kalo Tere Liye menurut saya lebih ke real life, karena banyak hal2 yg masih menyentuh kehidupan sehari2 😁

  22. Dari resensi ini saya jadi makin penasaran sama buku2nya. Udh lama sebenarnya mau koleksi 7 seri buku ini. Tapi belum sempat beli. Gimana kalo kakak review semua serinya? Kayanya keren sih. 7 buku di review semua.
    IG:@lusianarossa16

  23. Apa arti persahabatan? pft.. aku aja sahabatan ganti-ganti, gak pernah setia (karna pasti aja ada masalah yang ngebuat aku sama sahabatku gak bisa sama-sama lagi) novel serial fantasi Tere Liye selalu sukses membuat saya terhibur, seakan sahabat saya satu-satunya adalah cerita itu dan akan selalu itu.

    1. Semangat kak :’) semoga nanti ketemu sahabat sejatinya ya yg selalu bersama dan saling mengingatkan dalam kebaikan..

  24. Resensi yang keren γƒ„πŸ˜Š
    Btw, aku uda ngikutin serial ini dari Bumi (buku 1) terbit, ya ini jadi serial yg paling ditunggu setiap tahunnya.
    Enggak hanya kisah fantasi nya yg beda dari yg lain, tapi yang terpenting menurut ku pribadi, di serial ini adalah tentang kisah ‘persahabatan’ yang luar biasa antara ketiga tokoh – Raib, Seli dan Ali.
    Dari mereka aku belajar, bahwa gak selamanya sahabat itu punya pendapat yg selalu sama, kadang juga bisa beda pendapat, beda isi kepala, tinggal gimana cara kita aja bisa mengahadapi perbedaan itu.
    Kadang, bukti nyata dari sebuah persahabatan juga gak melulu harus diucapkan atau diungkapkan. Kayak kisah mengharukan Seli di komet minor, pas rela gak makan demi Raib dan Ali (serius, di bagian ini, air mata sampai netes. Seli sweet bgt😭😍)
    Dari semua hal yg harus kita sadari, dan yakini dalam ke 7 serial ini. Menurutku pribadi, Kisah persahabatan Raib, Seli dan Ali adalah contoh dan pelajaran yang selalu harus kita ambil hikmahnya. Dan bersyukurlah kita, kalau punya kisah persahabatan sehebat persahabatan mereka di dunia paralel😊😊
    Kalau belum menemukan sahabat yg luar biasa?? Maka mulailah dengan menjadi teman yang luar biasa bagi semua orang. Semoga dengan menjadi luar biasa baik dan bermanfaat, kita segera bisa menuliskan kisah persahabatan seindah persahabatan Putri Bulan (Raib), Seli dan si biang kerok Ali πŸ˜γƒ„βœŒ
    .
    Nama ig: @nisyatullaena

    1. Iya yang kisah Seli gak rela makan itu sedih banget ya :’) aaamiinn, semoga aja ya bisa ounya persahabatan seperti mereka bertiga πŸ™‚

  25. Udah sering berulang kali baca sinopsis serial bang Tere Liye yang ini, setiap selesai baca sinopsis ini pengen beli, terus ga jadi. Penasaran banget soalnya sama isinya? Keknya lebih mantul dibandingkan sinopsisnya deh ya gak kak? Udah udah yg penting aku loveee banget sama nih buku. Ga usah ribet komennya udah gitu aja hehe.. 😦

  26. Eh komen lagi deh, kak entar review lagi dong novel bang Tere Liye yang lainnya kali aja ada yg kusuka hehe. Keep fighting!

    Find me on : @just.pena

  27. Komet minor merupakan novel yang paling saya tunggu di 2019 ini, akhirnya terbit juga di tanggal 11 maret, setelah ke toko buku pengen nya beli eh tiba-tiba seller nya bilang buku nya tinggal satu dek kamu bisa kembali lagi besok atau lusa, alhasil teman yang beli dan aku pinjam dari dia πŸ™‚ setelah baca komet minor aku makin takjub sama jalan cerita yang menegangkan dengan permasalahan yang berliku-liku semua nya completely, jadi satu. Kisah dari buku sebelum nya komet, dimana ali, Raib, dan Seli di khianati oleh Max dan mereka di ikat dengan jaring perak. Ali dengan akal jenius nya berhasil keluar dari situasi tersebut dengan menjatuhkan cermin kecil yang terbuat dari berlian. Alhasil muncul lah Batozar sang Pengintai, kemudian mereka mendarat di pulau hari Minggu dan Ikan Paus menelan mereka termasuk So Tanpa Mahkota yang merupakan portal untuk menuju ke Komet minor. Itu barulah awal, maka Bab selanjutnya menyajikan keseruan, kekocakan, ketegangan, kesedihan, hingga kebahagiaan. Aku pribadi lebih banyak tertawa karena adanya kehadiran Batozar yang menemani petualangan mereka. Aku juga dengar novel ini edisi tanpa revisi dan menurut aku fine-fine aja tidak ada typo yang bikin saya risih di buku ini. Dan saat ingin baca kembali saat aku pinjam ke teman aku, buku nya di bawa sama mama nya pulang kampung karena mamanya juga penggemar berat serial ini, alhasil aku gak bisa baca ulangπŸ˜‹πŸ˜ Bintang 5 deh, kalian wajib baca guys! Terimakasih kak Mus udah buat resensi nya bagi penggemar serial buku ini. @cutnanaa_

    1. Iya setuju banget, kehadiran Batozar emang membuat serial bumi ini lebih berwarna, apalagi nyinggung2 hal kekinian seperti selfie atau kudet πŸ˜‚ terimakasih juga ya sudah mampir 😊😊😊

  28. Gak sabar dong pengen baca serial selanjutnya,
    Di komet minor kita semakin merasa penasaran siapakah orangtua Ali sesungguhnya πŸ˜‚
    Ntr kalau aku menang, hadiahnya bumi aja ya weldon, soale yg ini malah udah punya wkwk, bumi, bulan, matahari yang belum ada, pinjam punya orang kemarin tuh 😁

    *Bukankodelagiinimah 🀣

  29. Novel sebelum komet minor sukses bikin aku suka banget. Jadi aku nggak heran lagi kalau di komet minor ceritanya gak kalah menarik. Bukan tentang petualangan saja, komet minor mengajarkan kita untuk terus berusaha dan menjaga persahabatan.

  30. Nah, sya pengen tau nih. Jadi si batozar ini kn buronan. Gmn cerita na dy bs jadi buronan?? Maksud na gmn dy bs masuk penjara gitu??
    Btw, mas. Sya si akun instagram @nanairu
    Terima kasih.

    1. Nahhh kalo itu cerita lengkapnya ada di novel ceros & batozar.. disitu dijelasin lengkap 😁

  31. Untuk penulis Indonesia yang menulis sci-fi, menurut saya ini emang sangat bagus, dan banyak masuk pengetahuan-pengetahuan berharga. Tapi dari segi keseluruhan, aku kok kayak kurang puas gitu ya sama endingnya, dan sama keseluruhan ceritanya. Ditambah lagi, ada spinoff yang kurasa emang nggak penting-penting amat untuk di buat, seperti ratu calista, dan si putih. Mengapa baru di sebut sekarang coba? Kan manjang-manjangin, hadeuh.

    1. Yaaa namanya juga bisnis, klo yg beli jg mau kenapa enggak? kan emang bagus jg.wkwkwk

  32. Bismillah..

    Aahhh…. udah satu tahun siih nungguin novel komet minor , karena aku udah baca dari novel Bumi . Pertama lihat covernya emng udah bikin ” ih kok gini covernya ? Unik ” , covernya aja unik apalagi isinyaπŸ˜†. Dan pas aku baca , buaarr . Ini genre aku banget , fantasi , scien-fic , pershbtn , qoutes” , baper ( itu Raib ama Ali , haha πŸ˜‚) . Intinya ini novel wajib banget di baca sama bookers , novelers , atau yg gak suka baca , kalo udah baca ini insyaallah bakal jadi suka baca πŸ˜†.
    Pertanyaan aku seputar novel ini sbtulnya gak tertalu pentng siih cuman prnh gak kak Musthofa kepikiran
    ” mereka bertigakan tinggal di Indonesia , tapiii tinggal dimananya ? Jawa ? Sumatra ? ”
    Hahah bnr” gak penting πŸ˜‚.
    Atau
    ” itu mereka bertiga kalo izin barengan gak masuk sekolah , kawan” nya apa gak KEPO gituu kok mereka selalu bertiga , jalan bertiga , bertiga ke ruangan BK ( ama Miss Selena ) ? . Kalo aku jd slh satu kwn sekelas mereka mgkn aku bakal kepo setengah mati 🀣 . Dan ini pertanyaan gak penting πŸ˜† .

    Oke deeh , insyaallah Allah menangkan . Semangat terus buat kak Musthofa πŸ’―πŸ’―
    Nama IG : @shabieela

    1. wah kalo untuk lokasinya gk dikasih tau.. tapi yg pasti emang di indonesia karena nasi padang dan angkot disebut di novel ini πŸ˜‚ yaaa kalo teman-teman lainnya gak difokusin sih, mungkin aja curiga tapi gk penting jg klo dibahas menurut saya karena akan melebar kemana2 ceritanya.hehe

  33. Setelah membaca resensi ini, saya ingin cepat-cepat menyelesaikan membaca serial ini. Dan semoga dengan membaca novel fantasi ini, saya bisa menjadi penulis fantasi yang sukses seperti Tereliye.

  34. Setelah membaca resensi ini, saya semakin yakin kalau serial bumi karya bang Tere ini dari buku ke buku makin seruuu aja. Jiwa penasaran saya memberontak setelah membaca resensi Komet Minor yang membuat saya tidak sabar untuk segera membacanya :’)

  35. Pasti nya keren bngt Menurut info dalam goodreads buku komet minor ini adalah buku unedited version, naskah original sebelum di edit dan direvisi oleh Redaksi Penerbit. Selama saya baca, tak sedikit pun merasa terganggu dengan typo. Untuk unedited version, ini sih sudah mantul, mantap betul πŸ‘
    Pingin bngt dapat give away @diyan.a.s_
    Bismillah

    1. Wih klo info yg unedited version saya malah belum tau lho 😱😱😱

  36. Aku mau kayak mereka yang bisa mewujudkan persahabatan secara nyata. Aku pingin punya sahabat yang bahu-membahu, saling menyemangati, peduli. Tapi mungkin itu cuma khayalan yang aku dapat dari serial fantasi karya tere liye, aku gak yakin bisa jadi kenyataan, jadi please….. aku mau berkhayal lagi di dunia buku..

    1. Alhamdulillah terimakasih 😁 masih ada gak ya? πŸ€” coba baca langsung aja ya kak πŸ˜‚βœŒ

  37. Mencampur adukan segala emosi dalam buku, dengan tulisan keren yang memudahkan pembaca mengimajinasikan. Pasti buku trilogi bang tere tiye yang ini kalau dijadikan film gokil banget jadinya, πŸ˜πŸ‘

    1. Iyaaa bener banget πŸ˜† wah klo difilmin saya cuma bisa berharap hollywood melirik ini, klo buatan indonesia takut kecewa karena di novel ini banyak teknologi2 canggih gt.hehe

  38. Resensi ini membuat aku jadi penasaran dan pengen baca bukunya. Padahal udah sesekali liat tpi baru kali ini kepengen baca. Keren2πŸ‘πŸ‘

  39. Hai kak Wildan….aku Etha.
    Walaupun masih baru 2 mingguan sejak aku Nemu akun kakak di ig, suka benget baca2 resensi n recommend2 kakak seputar dunia novel. Jadi nyesel aku gak tahu kakak dari dulu!!!!
    Apalagi, kaget banget aku kakak ngadain giveaway “Komet Minor”!!!!!!
    Novel paling kutunggu2 nihh, suka banget sama kisah 3 sekawan!

    Aku udah baca kisah mereka dari bumi-komet, kak. Pertanyaannya nih, misteri keluarga Raib diungkapin gak di novel “komet minor?”

    Terus pertanyaan aku lagi nih: aku kan udah baca “komet”, dan di situ ada sedikit disinggung tentang keturunan si tanpa mahkota. Seingatku dia bilang, keturunannya itu salah seorang di antara 3 sekawan. Jadi kak, di novel “Komet Minor” diungkapin gak ya keturunannya itu????

    Penasaran akuuuuuu😭😭

    Saran aku, lebih banyak berekspresi kak sama novel2 revisi kakakπŸ˜‚.

    Semoga ke depannya, kakak makin terkenal, sukses di semua bidang, dan tentunya makin berguna menyebarkan ttg buku2 lewat postingan2 kakak ya!!!!

    Aku tunggu novel “Komet Minor” nya!! Pengen banget!!! Semoga nanti pertanyaanku terjawab😊.

    Resensi ini menyarankan ku untuk berdoa semoga aku menang giveaway dari kak Wildan dan dapat novel “Komet Minor” yg aku pengen banget!!!!! Dan juga supaya terus nge-stalk akun kak Wildan buat baca resensi novel yg menarik😫😫

  40. Aku sih udah ngikutin serial novel ini, dan suka pake banget, karena beda banget kan ceritanya sama novel Tere Liye yang lainnya.

    Sesungguhnya sudah sangat menunggu-menunggu kelanjutan cerita di komet minor, karena akhir cerita di Komet yang asli bikin penasaran. Namun daftar bacaan yang masih ngantri membuatku bersabar πŸ˜‚.

    Setiap udah selesai baca serial novel ini tuh ya, sensasinya selalu ngerasa wah dan terbengong-bengong karena selalu bersambung di akhir halamanπŸ˜†. “Eh masih ada lanjutannya?”( _gitu kira-kira monolog dalam hati). Ko kepikiran gitu Abang Tere Liye buat ceritanya yang amazing dan tidak terduga.

    Pada akhirnya diriku semakin ingin segera membaca komet minor πŸ˜†.

  41. Komet Minor merupakan buku keenam dari Serial BUMI. Buku yang paling saya tunggu di tahun 2019 ini, akhirnya terbit juga pada tanggal 11 Maret 2019. Saya suka dengan serial ini, karena menceritakan tentang persahabatan & petualangan yang menarik. Saya tidak sabar untuk membaca novel ini 😁
    Follow ig saya ya teman-teman πŸ˜„ @tanishaapriliacristin

  42. baca resensi ini bikin aku jadi membayangkan berada dalam kehidupan tokoh-tokoh yang ada di novel Komet Minor. apakah petualangan dalam persahabatan terasa sangat nyata bagi pembaca?

    ig: @cinthya.reads

  43. Sedih itu pas baca sequel novel bulan, udah sampe komet. Ternyata endingnya digantungin. Masih ada lanjutannya di komet minor dan gatau kapan dirilis lagi sama tere liye. Sedih. Sedih. Sedih digantungin novel.

    Plis kk, aku mau novelnya

    @gibsonmanjooo

  44. Waaah review nya enak banget di baca . Simple dan santai . Bahasanya pun formal jadi gampang di mengerti .

    Cuman kurang deskripsi penokohan aja , jadi kemungkinan pembaca baru akan binggung ” lah kenapa si anu gini ? ” hahaha . Soalnya aku pernah kayak gitu pertama kali masuk dunia novel dan baca resensi orang πŸ˜…πŸ˜†.

    Kalo pertanyaan aku siih . Menurut kak Welldone kenapa Tere Liye memilih tokoh 2 cewek 1 cowok ? Padahalkan cowok lebih kuat dari cewek , hehehe . Fight for kak welldone πŸ”₯πŸ”₯

    @shabieela

  45. Aku baru baca novel bumi dan bintang menceritakan tentang persahabatan dan petualangan Ali dkk yang seru banget. Resensi kaka di atas bikin penasaran baca novel seri selanjutnya..

  46. Hai, Kak Wildan. Aku salah satu followers Kakak dan baru tahu ada info GA Komet Minor. Kali pertama baca review ini, aku langsung teracuni. Aku belum pernah baca novel fantasi, jadi sewaktu tahu kalau Tere Liye nulis buku ini bener2 membuatku penasaran. Karena aku percaya kalau tulisan beliau pasti bagus & aku salah satu penggemarnya. πŸ˜‚

    Serial bumi adalah wishlist-ku. Pengin bgt baca novel fantasi–apalagi dari Indonesia–karena belum pernah. Juga penasaran sama kisah Raib-Ali-Seli yg tampaknya seru.

    Oh iya, aku mau cerita. Aku pernah baca e-book bajakan karena nggak tahu. 😭 Serial Bumi-Bintang sudah kubaca semua. Terus aku lanjut baca Ceros Batozar. Tapi, aku pernah stalker beberapa bookstagrammer yang ngasih tahu tentang perbedaan buku/ebook asli vs bajakan. Dan aku bener2 yakin kalau serial Bumi yang selama ini kubaca adalah bajakan karena nggak mungkin si penulis ngasih gratis. 😣 Sekarang aku ngerasa bersalah dan berniat mau koleksi serial Bumi yang original. Saat ini belum punya satupun. Nyesel banget, Ya Allah. 😭

    Sejak itu, aku mulai beli novel original, terutama punyanya Tere Liye. Terus, aku tetep cari tahu lebih banyak tentang buku bajakan, biar aku nggak beli lagi.

    Btw, maafkan aku yang malah curhat, ya, Kak. Itu cuma mau sharing. Hehe.
    Instagram : @baihaqisr

    1. Waaahhhh… terimakasih sudah mampir di blog ini. Iya emang ebook bajakan sudah banyak beredar dan banyak yg belum tau juga kalau dampak ebook ilegal itu sama saja dengan mematikan penulis. Semoga makin banyak yang membeli buku2 original ya ^^

  47. Petualangan fantasi dalam novel ini bisa dibilang “Harry Potter” nya Indonesia. Kayaknya bakalan buat begadang.

    Nggak sabar hidup di dalamnya saat baca novel ini.

    1. iya bener, emang saya juga pas awal2 baca kerasa banget nuansa petualangan harpotnya ^^

    1. wah kalo dibuat film kayanya cuma hollywood yang bisa.. klo produksi indonesia untuk imajinasi seliar di buku ini agak ragu hasilnya πŸ˜…

  48. ga ngelanjutin baca komet karna ternyata salah urutan, nunggu di kasih ceroz betozar dulu hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *