Welldone Musthofa

Berbagi Tulisan, Review, Pengalaman, dan Opini

Menu Close

Resensi Novel Komet Minor – Komet – Ceros dan Batozar

RESENSI NOVEL KOMET MINOR – KOMET – CEROS DAN BATOZAR
“Ketika Sebuah Persahabatan Sejati Diuji Dalam Petualangan Fantasi Yang Seru”

Apa arti sahabat sejati menurutmu? Pertanyaan ini akan selalu melekat kuat ketika membaca ketiga novel serial bumi yang berjudul ceros batozar, komet, dan komet minor. Dibandingkan dengan serial sebelumnya, porsi persahabatan akan mencapai dosis tertingginya di novel-novel ini. Ujian kehilangan, kesetiaan dan keegoisan akan Raib, Ali, dan Seli lalui dengan kebersamaan yang menguatkan. Meskipun banyak petualangan berliku yang membuat pembaca terkagum-kagum namun tetap pembaca akan lebih merasakan efek kekaguman luar biasa dari persahabatan mereka bertiga.

Dimulai dari novel spin off serial bumi yang berjudul ceros dan batozar. Novel ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian ceros dan bagian batozar. Di bagian ceros Raib, Ali dan Seli sedang melakukan tugas kunjungan di tempat bersejarah di luar kota. Tak disangka, di tempat itu alat pendeteksi milik Ali mendeteksi aktivitas dunia paralel. Sudah tabiat Ali yang selalu penasaran dan tak menggubris perkataan kedua sahabatnya, diikutilah sinyal pendeteksi itu. Dan ternyata di tempat bersejarah itu ada sebuah portal menuju Bor-O-Bdur yang dihuni oleh Ceros, badak bercula yang terdapat di cover novelnya. Selanjutnya ada bagian batozar yang bercerita tentang pembunuh kejam yang menjadi buronan setelah 1000 tahun dipenjara di dunia paralel. Pembunuh bernama Batozar ini berkeliaran di lingkungan tempat tinggal Raib, Ali dan Seli. Dia mencari sesuatu yang hilang dari dirinya. Kekuatannya maha dahsyat dan membuat heboh dunia paralel.

Beberapa hari setelah mereka bertiga berpetualang di Bor-O-Bdur dan saling kejar-mengejar bersama Batozar, Miss Selena mengabarkan bahwa Si Tanpa Mahkota berkeliaran di Klan Matahari dan ingin memasuki Klan Komet. Apa tujuannya? Si Tanpa Mahkota memiliki ambisi untuk menguasai seluruh dunia paralel. Petualanganpun dimulai dengan dunia Klan Komet yang berbentuk pulau. Pembaca akan diperkenalkan dengan pulau yang dinamakan sama dengan nama hari yakni Pulau Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Di setiap pulau menyimpan teka-teki yang harus mereka pecahkan. Di Klan Komet inilah portal menuju Klan Komet Minor berada.

Dibandingkan Klan lainnya, portal menuju Klan Komet Minor adalah yang paling unik. Dimanakah itu? Di perut ikan paus raksasa yang ada di cover novel ini ! Keberadaan komet minor ini juga paling berbeda, sifatnya berpindah-pindah. Buku matematika Raib yang biasanya menjadi portal menuju klan lainnya tidak akan berfungsi di Klan Komet ini. Petualangan di Klan Komet Minor ini masih seputar mengejar Si Tanpa Mahkota dan mencegahnya mendapatkan Tombak Pusaka. Tombak ini terpisah menjadi 3 bagian yang jika disatukan akan memberikan kekuatan maha dahsyat kepada pemegangnya. 3 bagian ini terdapat di 3 para pemburu Klan Komet Minor yang terpisah di beberapa tempat. Lalu apa yang akan terjadi di penutup serial bumi ini? Jawabannya, silakan membaca novel ini.

Di ketiga novel ini, selalu saja ada nilai-nilai kebaikan yang hadir. Dari mulai ketulusan hati, pengorbanan, ambisi, memaafkan, keluarga, dan yang pasti nilai persahabatan yang sangat mendominasi. Ada banyak adegan di novel ini yang akan menguras emosi pembaca terutama di novel Komet. Petualangan yang paling melelahkan tanpa adanya bimbingan. Kekuatan persahabatan sejati antara Raib, Ali dan Seli akan menjadi modal terbesar mereka mengarungi petualangan di Klan “pulau” ini. Air mata sesekali menetes melihat kekuatan persahabatan mereka.

Setting tempat yang hadir di ketiga novel ini juga berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ceros dan Batozar memiliki setting yang tidak jauh berbeda dengan serial bumi sebelumnya. Komet memiliki setting di Pulau dan Lautan. Dan Komet Minorlah yang memiliki setting tempat yang tidak terpikirkan sebelumnya. Dunia yang dihadirkan di Klan ini adalah yang paling maju dibandingkan dengan Klan lainnya. Mata uangnya sudah digital, bentuk rumahnya ada yang kotak, segitiga, piramida, bahkan berbentuk setengah lingkaran. Tetapi di Komet Minor ini masih terdapat hutan yang dihuni oleh makhluk-makhluk berukuran raksasa. Salah satunya adalah cacing raksasa dan kadal yang terlihat pula di cover novel ini.

Konsep cerita di ketiga novel ini juga memiliki ciri khas masing-masing yang tidak akan membuat bosan pembacanya. Ada saja hal-hal baru yang hadir di setiap novelnya. Ceros Batozar memiliki konsep dunia di bawah tanah. Komet memiliki konsep pulau nama-nama hari yang memiliki rintangan berbeda-beda. Dan Komet Minor memiliki konsep yang makhluk mikroskopis dengan teknologi yang lebih maju dari Klan Bumi.

Budaya-budaya khas indonesia, kelakuan kids jaman now , dan istilah kekinian juga hadir di ketiga novel ini. Misalnya saja nasi padang yang menjadi favorit batozar, sopir angkot, video viral, berita hoax, drama korea favorit Seli, kurang update, bahkan kata “asian games” juga hadir di novel ini. Jadi, pembaca akan merasakan sekali keterikatannya dengan novel ini.

Kalau begitu, novel ini akan cocok dibaca oleh siapa saja? Remaja SMP, SMA dan Mahasiswa sangat direkomendasikan untuk membaca ketiga novel ini. Terutama bagi yang sudah mengikuti serial bumi dari awal. Nilai-nilai persahabatan sejati akan pembaca rasakan ketika sudah menyelami lautan kata yang menghanyutkan ini.

“Ali, selalu dengarkan Seli dan Raib. Jadilah petualang antarklan yang baik. Selalu percaya pada teman-temanmu.” (Komet Minor, Hal. 359)

Identitas buku

Judul : Ceros Dan Batozar
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : IV, Juli 2018
Dimensi : 20 cm, 376 Halaman
Harga : Rp 95.000
ISBN : 978-602-038-591-4

Judul : Komet
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : IV, Juli 2018
Dimensi : 20 cm, 384 Halaman
Harga : Rp 95.000
ISBN : 978-602-038-593-8

Judul : Komet Minor
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : I, 2019
Dimensi : 20 cm, 376 Halaman
Harga : Rp 105.000
ISBN : 978-602-062-339-9

– Resensi Novel Komet Minor, Komet, Ceros dan Batozar –

© 2019 Welldone Musthofa. All rights reserved.

Theme by Anders Norén.