apa itu review buku

Apa Itu Review Buku ?

Kali ini saya akan membahas tentang apa itu review buku, perbedaan istilahnya dan manfaat dari kegiatan mereview buku. Begitu banyak manfaat yang didapat dari kegiatan membaca apalagi kalau sampai menjadi hobi. Sayangnya, di indonesia sangat sedikit yang menekuni hobi membaca ini. Padahal mereka yang gemar membaca akan memperoleh banyak sekali informasi baru yang tidak semua orang dapatkan sehingga pengetahuan dan wawasannya akan menjadi luar karenanya. Tak jarang bahkan selalu, orang yang suka sekali membaca ketika ditanya akan menarik sekali jawabannya karena banyaknya wawasan yang ia peroleh dari kegiatan membaca itu. Nah, salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan minat orang-orang awam yang belum hobi membaca adalah kegiatan mereview buku. Lalu, apa itu review buku ? Berikut saya akan memaparkan beberapa istilah terkait review buku .

Apa Itu Review Buku? Review Buku Adalah..

Review buku adalah suatu tulisan atau ulasan yang berkaitan dengan nilai sebuah buku tersebut. Ada juga yang berpendapat bahwa review buku adalah deskripsi dan evaluasi dari sebuah buku, yaitu menjelaskan isi buku secara keseluruhan dan mengevauasi apakah buku tersebut berhasil mencapai tujuan penulisan buku itu sendiri. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa review buku adalah pemahaman, pengolahan referensi, perbandingan dan berdasarkan referensi ilmiah lalu dari pendapat itu akan dihasilkan pendapat pribadi tentang buku yang ia review. Singkatnya, review buku adalah penilain tentang sebuah penilaian terhadap suatu karya.
Ada beberapa istilah terkait review buku yaitu resume, resensi dan review. Lalu apa saja perbedaan dari resume buku, resensi buku dan review buku?

Perbedaan Resume Buku, Resensi Buku dan Review Buku

Resume buku adalah suatu tulisan dengan mencatat kembali poin poin apa saja yang terdapat dalam suatu karya buku. Resensi buku adalah pemberian penilaian, pengkajian kembali, pembahasan dan kritik tentang suatu buku. Review buku bukan meringkas kembali suatu karya tetapi suatu pemahaman, pengolahan dari berbagai referensi, perbandingan, dan pendapat pribadi. Perbedaan hanya pada istilah saja. Resume berasal dari kata re- (bahasa inggris) yang artinya adalah kembali, lalu kata sume (bahasa inggris) yang berasal dari kata summary (bahasa inggris) artinya adalah kesimpulan atau ikhtisar. Resensi berasal dari kata resentie (bahasa belanda) dan kata recensio, recensere atau juga revidere (bahasa latin) yang artinya menilai atau menimbang. Dan yang terakhir istilah review berasal dari bahasa inggris yang artinya evaluasi dari suatu karya. Pada intinya, resume, resensi dan review itu mengacu pada hal yang sama yaitu mengulas suatu karya.

Manfaat Review Buku :

  1. Memberikan informasi
  2. Media pembelajaran untuk menulis
  3. Media pembelajaran desainer cover buku
  4. Bahan perbandingan karya
  5. Bahan pembelajaran bagi penulis buku yang direview
  6. Menjadi ukuran kualitas suatu buku
  7. Media buzzer untuk buku yang sudah atau akan terbit
  8. Menjadi tempat interaksi dan berkumpul para pembaca
  9. Membantu keputusan pembeli yang ingin membeli buku
  10. Mendukung pemasaran buku
  11. Meningkatkan minat masyarakat

Penjelasan mengenai poin-poin diatas berada di bawah :

  1. Tidak semua orang bisa membaca buku, atau ada buku-buku yang diprioritaskan untuk dibaca. Review buku tentu saja dapat memberikan informasi bagi siapa saja. Baik yang ingin membaca bukunya ataupun tidak. Apalagi biasanya, buku yang direview adalah buku baru. Informasi apa saja yang didapat? Tentu saja banyak. Contohnya saja berapa tebal halaman suatu buku, apa penerbit bukunya, biografi penulisnya dan tentu saja apa isi buku tersebut.
  2. Sekarang ini tren profesi penulis mulai meningkat. Nah, salah satu cara pembelajarannya adalah dengan membaca review suatu buku. Dengan begitu, orang akan mengetahui kelebihan dan kekurangan buku tersebut. Dari situlah orang yang ingin menjadi penulis buku yang baik akan belajar menciptakan karya yang berkualitas. Dari reviewer, seseorang yang ingin menerbitkan buku akan menemukan unsur-unsur apa saja yang membangun suatu karya yang bagus, lalu kritik dan koreksi. Misalnya saja adalah koreksi terhadap EYD, pengembangan karakter, dan logika cerita.
  3. Bagi desainer buku, layout dan tampilan cover buku sangatlah penting.. Ada beberapa reviewer buku yang membahas tentang cover dan layout buku. Ini tentu saja dapat menjadi bahan pembelajaran bagi para desainer buku. Dari sini juga bisa menjadi ukuran selera pasar yang sedang disukai.
  4. Reviewer yang sudah berpengalaman biasanya tidak melulu mengulas isi buku apa adanya.  Biasanya, mereka juga menghadirkan karya-karya sebelumnya yang telah ditulis oleh penulis buku tersebut atau buku-buku karya penulis lain yang sejenis dengan buku yang sedang direview. Hal ini tentu saja akan lebih memperkaya wawasan pembaca nantinya.
  5. Terkadang suatu buku selalu dinilai sempurna bagi penulis bukunya. Dari sudut pandang itu, penulis terkadang sulit melihat kekurangan karyanya. Dengan adanya review dari orang lain, maka penulis mendapatkan banyak pembelajaran kelebihan dan kekurangan bukunya. Dari sinilah penulis yang sudah direview bukunya akan membuat karya yang lebih baik lagi. Ini juga sekaligus bisa menjadi evaluasi bagi editor dan penerbit dari buku yang direview bukunya.
  6. Semakin banyak ulasan yang didapat dari suatu buku maka akan semakin banyak orang yang tertarik dengan buku tersebut. Reviewer buku cenderung mencari apa yang mereka anggap terbaik dari yang terbaik dan banyaknya ulasan, terutama ulasan baik, menjadi  indikator kualitas suatu karya.
  7. Review buku juga membuat semacam buzzer tentang buku tersebut yang lama kelamaan akan membuat tertarik media besar. Pada poin ini, ketika buku “sudah diolah” oleh media maka hanya menunggu waktu otomatis kepopuleran buku tersebut akan meningkat.
  8. Pada umumnya, pembaca perlu untuk melihat review pembaca lain yang menikmati buku tersebut. Ketika review buku ditulis maka wajar sekali akan menginspirasi pembaca lain untuk membuat review juga dengan bahasan yang lain. Lalu ketika sudah mulai banyak yang mereview, orang-orang yang belum membaca buku tersebut akan bertanya-tanya mengapa banyak orang tertarik dengan buku ini. Ini juga akan memberikan kesempatan bagi pembaca untuk menjadi bagian penting dari penulis buku tersebut. Pembaca akan saling berbagi persepsi mengenai satu karya penulis dan menunggu buku selanjutnya dari penulis buku tersebut.
  9. Tentu saja, orang yang akan membeli buku kemudian ia membaca review tentang buku tersebut menjadi bahan pertimbangan dalam membeli buku. Apakah buku itu cocok untuknya atau tidak dan juga apakah sesuai kebutuhan dengan apa yang dicarinya.
  10. Penerbit perlu melihat tingkat interaksi dan keterlibatan pembaca terhadap suatu buku yang sudah diterbitkannya. Ketika banyak review buku yang dilihat penerbit, maka bisa diprediksi penerbit tak akan tanggung-tanggung dalam mencetak buku tersebut dalam jumlah massal. Apalagi kalau penulis itu populer seperti tere liye, asma nadia, habiburrahman el shirazy, pipiet senja, helvy tiana rosa, dan lain lain. Biasanya untuk ukuran penulis populer seperti ini akan banyak mendukung pemasaran buku karena tentu saja review buku dari penulis ini akan banyak karena telah memiliki penggemar yang setia mengikuti bukunya.
  11. Terakhir, tak diragukan lagi ketika orang yang membaca review buku, baik disengaja maupun tidak disengaja, mengetahui bahwa review tentang buku tersebut bagus dan membuat penasaran maka orang yang tidak biasa membaca buku akan tergugah perasaannya untuk ikut membeli buku itu juga. Biasanya orang yang sudah merasakan nikmatnya membaca otomatis akan selalu menyisihkan penghasilannya untuk investasi ilmu maupun untuk hiburan di kala penat. Dan orang yang kecanduan buku awalnya juga orang yang jarang membaca, tapi seiring banyaknya review buku yang berseliweran di media sosialnya, tanpa sadar minat bacanya akan meningkat.

Sekian penjelasan definisi review buku dari saya. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mencari informasi tentang review buku. Jangan lupa tinggalkan komen di bawah yaaa biar saya tahu pendapatmu tentang review buku ini 😉

– pengertian review buku –

One thought to “Apa Itu Review Buku ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *