Welldone Musthofa

Berbagi Tulisan, Review, Pengalaman, dan Opini

Menu Close

REVIEW BUKU SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT KARYA MARK MANSON

Ada yang lagi nyari review buku seni untuk bersikap bodo amat? Selamat! Kamu sudah berada di blog yang tepat. Karena kali ini saya akan berbagi review tentang buku motivasi yang dari kemarin sempat booming di feeds instagram saya. Gak cuma booming aja, tapi buku ini juga sudah cetak ulang berkali-kali. Emang apa aja sih isinya? dan kenapa buku ini begitu menggoda?! wkwkwk.

Oke, sebelum masuk ke review, mari kita baca terlebih dahulu sinopsis yang ada di cover belakang buku ini.

SINOPSIS BUKU SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT

Dalam buku pengembangan diri yang mewakili generasi ini, Mark Manson, seorang blogger superstar menunjukkan pada kita bahwa kunci untuk menjadi orang yang lebih kuat, lebih bahagia adalah dengan mengerjakan segala tantangan dengan lebih baik dan berhenti memaksa diri untuk menjadi “positif” di setiap saat.

Selama beberapa tahun belakangan, Mark Manson—melalui blognya yang sangat populer—telah membantu mengoreksi harapan-harapan delusional kita, baik mengenai diri kita sendiri maupun dunia. Ia kini menuangkan buah pikirnya yang keren itu di dalam buku hebat ini.

Manson melontarkan argumen bahwa manusia tak sempurna dan terbatas. Begini tulisnya, “tidak semua orang bisa menjadi luar biasa, ada para pemenang dan pecundang di masyarakat, dan beberapa di antaranya tidak adil dan bukan akibat kesalahan Anda.” Manson mengajak kita untuk mengerti batasan-batasan diri dan menerimanya. Baginya, inilah sumber kekuatan yang paling nyata. Tepat saat kita mampu mengakrabi ketakutan, kegagalan, dan ketidakpastian, dan mulai menghadapi kenyataan-kenyataan yang menyakitkan. Saat itulah kita mulai menemukan keberanian dan kepercayaan diri yang selama ini kita cari dengan sekuat tenaga.

“Dalam hidup ini, kita hanya punya kepedulian dalam jumlah yang terbatas. Makanya, Anda harus bijaksana dalam menentukan kepedulian Anda.” Manson menciptakan momen perbincangan yang serius dan mendalam, dibungkus dengan cerita-cerita yang menghibur dan “kekinian”, serta humor yang cadas. Buku ini merupakan tamparan di wajah yang menyegarkan untuk kita semua, supaya kita bisa mulai menjalani kehidupan yang lebih memuaskan, dan apa adanya.

MARK MANSON adalah seorang blogger kenamaan dengan berjuta-juta pembaca. Ia tinggal di New York. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat adalah buku pertamanya.


SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT
Penulis : Mark Manson
Penerbit : Grasindo
ISBN : 9786024526986
Terbit : 5 Februari 2018
Ketebalan : 256 halaman
Ukuran : 14 X 21 cm
Sampul : Soft cover

REVIEW BUKU SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT

Gimana? Gimana? Baca sinopsis di atas udah keracu belum? hehe. Baiklah kalau belum, siap-siap ditahan jarinya karena takutnya setelah baca review ini kamu jadi langsung pengen ngeklik toko buku online favorit kamu lagi.wkwkwkwk

Jujur ya.. saya pas ngeliat judul bukunya tanpa baca sinopsis atau reviewnya langsung pengen buru-buru baca. Karena judulnya bener-bener menggoda banget coy! 😀 Yang udah baca dan ngerasain juga boleh komen di bawah.hihihi Gak tau kenapa cover bukunya top banget! Berhasil menyihir saya pada pandangan pertama.

Dan ternyata.. pas selesai baca buku ini. Wedew! Langsung masukin buku ini ke buku favorit di tahun 2018! Suka banget oy! Baru kali ini kayanya sebegitu excitednya ketika selesai baca bukunya. Buku ini tuh parah! Keren dan anti mainstream banget! Pembahasannya gak seperti kebanyakan buku motivasi pada umumnya. Ibaratnya seperti mendobrak paradigma-paradigma yang hadir di buku motivasi kebanyakan.

Apalagi, banyak hal-hal kekinian yang dibahas juga di buku ini. Jadinya yaa nyambung gitu pas dijelasin. Contoh-contoh yang dihadirkan pun gak hanya monoton orang-orang sukses. Malah kebanyakan ngambil contoh orang gagal (dalam perspektif kebanyakan kita) yang Mark Manson menyebutnya merekalah orang-orang yang sukses memenangkan kebahagiaan dalam hidupnya. Dia juga kadang mengambil contoh langsung dari kehidupan pribadinya. Dari mulai pengalaman depresi, rasa bersalah, dianggap useless sama orang-orang hingga pengalaman keliling 55 negara. Nah, pengalaman keliling 55 negara ini menurut saya yang paling keren. Dari pengalaman ini juga banyak inspirasi yang dia dapat hingga akhirnya menjadi tulisan-tulisan di dalam buku seni untuk bersikap bodo amat.

Tapi walaupun begitu, ada satu kekurangan yang rata-rata banyak dikeluhkan sama pembaca buku ini. Terjemahannya! Iya, terjemahannya tuh kurang mulus gitu. Berasa gak dapet apa yang sebenarnya mau dijelasin. Makannya, banyak yang ngeluhin pas pertengahan mulai pusing dan gak nyambung. Malah, bab-bab awal berkali-kali membuat saya mengerutkan dahi “Ini maksudnya apaan dah?!!!!” wkwkwk. Tapi, seiring lembar demi lembar yang saya baca, pemahaman-pemahaman mulai hadir di otak saya :ohhh…. gitu toh maksudnya” Dan voila! pas saya berhasil tiba di lembar terakhir, saya sangat menyukai buku ini! Jadi saran dari saya, bacalah buku ini dalam keadaan tenang dan rileks. Jangan terburu-buru pengen langsung namatin bukunya. Rehat sejenak, biarkan otak berpikir terlebih dahulu. Dan, jangan baca pada saat kalian terdesak, maksudnya pas dikejar deadline atau lagi banyak pikiran, waduh, saran saya jangan dulu baca buku ini. Lebih baik cari waktu me time dan selesaikan dengan perlahan bab per bab dari buku ini.

Selain itu? Saya rasa tidak ada! Eh sebentar, ada ding, perbedaan kebudayaan juga kadang bikin gak ngerti.hehe Selebihnya, saya suka sekali dengan buku ini. Ahhh sayang sekali rasanya jika kamu tidak sempat mencicipi isi tulisan dari buku ini. Selain karena kamu bakalan penasaran terus, kamu juga akan rugi kalau gak baca buku ini (ini kok jadi semacam pemaksaan ya?!) wkwkwk. Kan emang tujuan saya buat review ini biar kamu yang baca jadi kena racun buat beli buku seni untuk bersikap bodo amat ini 😛

Jadi, saya sudahi dulu review buku seni untuk bersikap bodo amat nya. Kesimpulannya? Saya suka dan kamu harus punya juga buku ini ^^

© 2019 Welldone Musthofa. All rights reserved.

Theme by Anders Norén.